PROPOSAL
PENGEMBANGAN RENCANA BISNIS INFORMATIKA
NAMA KELOMPOK :
Diah Kusumaningrum
Farhah Rizkiyah
Fitri Aryanti
Keke Fitri Permata Sari
Mohammad Fadil Abdilah
KELAS : 4IA22
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha
Esa atasBerkah dan Rahmat-NYA penulis dapat menyelesaikan proposal
rencana pembangunan bisnis ini dapat diselesaikan
tepat pada waktunya.
Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas bantuan
dari Ibu Wiwied Widiyaningsih selaku
dosen matakuliah Pengantar Bisnis
Informatika yang mana telah memberikan sumbang saran
baik moril maupun materil :
1. Rekan-rekan
seperjuangan yang senantiasa memberikan semangat dandukungan serta motivasi
dalam penyelesaian proposal ini.
2. Dan
pihak-pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
Adapun maksud dan tujuan penyusunan proposal usaha ini
adalahuntuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai rencana usaha yang
akandibuat. Selain maksud tersebut, proposal ini dibuat untuk memenuhi
kriteria persyaratan dalam mencapai target tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunanya, proposal
ini masih banyakterdapat kekurangan dan jauh dari sempurna, maka dari itu
penulis mengharapkan adanya respon dari pembaca baik berupa kritik maupun saran
yang bersifat membangun untuk menyempurnakan dalam menyusun proposal
selanjutnya.
Jakarta,
2020
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar .......................................................................................................... i
Daftar Isi ...................................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1. Identitas Perusahaan ............................................................................................... 1
1.2. Bidang Usaha dan Bentuk Hukum Usaha .............................................................. 1
1.3. Visi dan Misi Perusahaan........................................................................................ 2
1.3.1 Visi ....................................................................................................................... 2
1.3.2 Misi ...................................................................................................................... 2
1.4. Tujuan dan Sasaran Perusahaan ............................................................................. 2
1.5. Analisis Kompetensi SDM ..................................................................................... 2
1.6. Rencana Pengembangan Usaha .............................................................................. 2
1.7. Keberhasilan Usaha ................................................................................................ 3
1.8. Analisa SWOT ........................................................................................................ 3
1.6.1 Strength (Kekuatan) .............................................................................................. 3
1.6.2 Weakness (Kelemahan) ......................................................................................... 3
1.6.3 Opportunity (Peluang) ........................................................................................... 3
1.6.4 Treath (Ancaman) .................................................................................................. 3
BAB
II ASPEK PASAR DAN RENCANA PEMASARAN
2.1. Gambaran Umum Pasar
........................................................................................... 4
2.2. Analisa Pemasaran ................................................................................................... 4
2.2.1. Konsumen ............................................................................................................. 4
2.2.2. Strategi Pemasaran ................................................................................................ 4
2.2.3. Analisis Pesaing .................................................................................................... 5
2.2.4. Peluang Usaha ....................................................................................................... 5
BAB
III ASPEK PRODUKSI
3.1. Produk dan Jasa ....................................................................................................... 6
BAB
IV ASPEK KEUANGAN
4.1. Rencana Anggaran Biaya ......................................................................................... 7
BAB
V PENUTUP
5.1. Kesimpulan .............................................................................................................. 8
5.2. Saran ........................................................................................................................ 8
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Identitas Perusahaan
Perusahaan Kedififa Architects adalah perusahaan yang
ahli dalam bidang design arsitektur, ineterior dan landscape. Perusahaan ini
menyatakan ahli dalam bidang arsitek Jakarta, dengan menyediakan layanan
arsitektur yang mencakup desain konseptual, detail teknis, dan dokumen
arsitektur & konstruksi, bersama dengan pengawasan selama pengembangan konstruksi.
Namun kedififa architects tidak hanya menyediakan arsitektur jakarta, banyak
pilihan yang lainnya.
Perusahaan ini juga menyediakan layanan interior dengan
penawaran ide ide kreatif dan esensial untuk menghasilkan ruang desain yang
baik dengan menerapkan keharmonisan cahaya, skema material dan pemilihan
furnitur dengan karya seni.
Lengkap dengan landscape
yang disediakan di kedififa architects, dengan menyediakan desain landscape dengan analisis situs, serta
detail untuk sirkulasi, parkir, vegetasi, soft-scape
dan hardscape.
1.2.
Bidang Usaha dan Bentuk
Hukum Usaha
Badan
usaha yang kami dirikan ini baru dan belum mempunyai badanhukum yang tatap,
namun dalam perkembangannya nanti kami akanmengajukan pembuatan NPWP agar kami
mempunyai badan hukumyang tetap. Untuk aplikasi program kami akan memakai
Aplikasi yangbersifat OPEN SOURCE (gratis) agar terhindar dari masalah pembajakan.
1.3.
Visi dan Misi Perusahaan
1.3.1.
Visi
Membantu mewujudkan rumah impian yang bagus dalam hal
interior, arsitektur dan landscape.
1.3.2.
Misi
Menyediakan layanan untuk pembangunan rumah dengan ide
yang kreatif dan inovatif.
1.4.
Tujuan dan Sasaran
Perusahaan
Jika melakukan pembangunan sebuah bangunan tentu saja
dibutuhkan jasa desaigner/ arsitektur. Maka dari itu Kedififa Architects
bertujuan untuk membantu membuat inspirasi bangunan terbaik yang ingin
didirikan.
Sasaran perusahaan ini adalah masyarakat maupun
organisasi yang membutuhkan jasa desain interior, arsitektur dan landscape.
1.5.
Analisis
Kopetensi SDM
Tim
kami mempunyai Sumber Daya yang cukup ahli untuk menjalankan usaha di bidang jasa arsitektur, interior dan landscape. Beberapa skill yang di
kuasai oleh anggota tim
1. Ahli dalam bidang desain,arsitektur, interior dan
landscape.
2. Memiliki ide ide kreatif, inovatif.
1.6.
Rencana
Pengembangan Usaha
Usaha
ini akan terus kami kembangkan dengan semangat dan komitmen yang kuat, bahkan kami
akan membuka cabang baru di daerah-daerah yang sangat dan memiliki
peluang untuk usaha ini. Untuk modal pengembangan usaha akan kami tambah dari
modal sendiri serta kreditbank.
1. Merekrut
Karyawan baru.
2. Mentraining
karyawan baru untuk ditempatkan pada Cabang baru nantinya.
3. Saling
berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan sistem perusahaan dan memantapkan strategi pemasaran kami.
1.7.
Keberhasilan
Usaha
Kami
yakin usaha ini akan berkembang terus dan keberhasilan nya ditentukan oleh beberapa
hal sebagai berikut:
1. Pelayanan Jasa kami yang
ramah, cepat dan bertanggung jawab.
2. Kemampuan dan skill dari
anggota tim yang sudah mempunyai sertifikat.
3. Harga dari jasa yang di
tawarkan cukup terjangkau
1.8.
Analisa
SWOT
1.8.1.
Strength
(Kekuatan)
Kekuatan
dari Desain Interior
adalah :
1. Memberikan pelayanan
yang baik, nyaman dan cepat.
2. Desainer yang kompeten
3. Jasa desain interior melayani custom made dan desain yang
unik.
1.8.2
Weakness
(Kelemahan)
Kelemahan dari Desain
Interior adalah :
1.Karena masih menjadi usaha
baru, promosi yang dilakukan masih
belum menyebar luas.
1.8.3 Opportunity
(Peluang)
1. Pertumbuhan
rumah di Jakarta yang meningkat.
2. Masih banyak
permintaan masyarakat yang belum dipenuhi oleh pesaing.
1.8.4 Treath
(Ancaman)
1. Banyaknya penjual
jasa yang menawarkan fasilitas lebih lengkap dan harga yang lebih murah.
BAB II
ASPEK PASAR DAN RENCANA PEMASARAN
2.1
Gambaran umum
Untuk
saat ini jumlah prospek pasar dibidang pembuatan jasa desain interior dan sunya masih sangat luas,
untuk itu kami berfokus pada daerah Jakarta
dimana kami melihat kebutuhan jasa Desain untuk masyarakat yang cukup tinggi.
2.2 Analisa
Pemasaran
2.2.1
Konsumen.
a. Sasaran Utama Konsumen
1.
Masyarakat yang ingin
membuat rumah.
2.
Masyarakat yang ingin
membuat gedung atau perusahaan dan usaha.
2.2.2
Strategi
Pemasaran
a. Keterangan Produk
Produk
yang akan di jual di khusukan pada pelayanan jasa yang mana pelayanan jasa
ini dilakukan oleh anggota kelompok yang sudah memiliki skill dan keterampilan di
masing-masing bidang usaha.
b. Keunggulan Jasa
Disini
kami akan berdiskusi dengan konsumen untuk merancang rumah
yang akan dibuat agar bisa sesuai keinginan konsumen. Serta memberikan harga
yang terjangkau.
c. Harga Produk
Harga
yang di tawarkan itu bergantung pada tingkat atau level permintaan dari
konsumen, namun semua bentukharga akan terjangkau oleh konsumen.
d. Jalur Penjulan
Pelayanan jasa dilakukan secara langsung
maupun melalui
internet.
e. Promosi
Untuk
promosi priorotas utama kami adalah melalui website,facebook,
twitter, instagram. selain itu, juga Kedififa Architect juga
menggunakan salesman yang menjadi media promosi untuk bertatap muka langsung
kepada para calon konsumen.
2.2.3
Analisis
Pesaing
a. Tahap Survey Pesaing
Adapun
tahap survey yang kami lakukan untuk meninjau pesaing di sekitar lokasi
usaha yang akan kami lakukan yaitu
dengan cara tinjaun langsung lokasi pesaing dan informasi dari
teman-teman terdekat serta konsumen yang sudah pernah belanja di
toko tersebut
b. Jumlah Pesaing
Dari
survei yang kami lakukan ada 15 perusahaan
dalam bidang desain interior yang tersebar di berbagai daerah di jakarta.
c. Keunggulan dan Kekurangan
Pesaing
Dari
data yang kami kumpulkan ada beberapa kelebihandan kekurangan pesaing
Kelebihan
:
1.
Jumlah pelanggan tetap
yang sudah banyak.
2.
Tingkat kepercayaan
konsumen yang sudah tinggi.
Kekurangan :
1.
Tingkat Pelayanan jasa yang lama
dan kurang nyaman,
2.
Kemampuan anggota teknisi yang masih minim.
2.2.4
Peluang Usaha
Dalam menarik pelanggan menawarkan
fleksibilitas pengerjaan, di mana konsumen bakal terlibat
perencanaan langsung dengan desainer, Serta memberikan
pelayanan jasa ramah, cepat dan bertanggung jawab.
BAB III
ASPEK PRODUKSI
3.1 Produk
dan Jasa
Jenis layanan jasa yang akan kami tawarkan pada usaha desain
rumah:
a.
Arsitektur
Dengan menyediakan layanan arsitektur yang mencakup desain
konseptual, detail teknis, dan dokumen arsitektur & konstruksi, bersama
dengan pengawasan selama pengembangan konstruksi.
b.
Desain Interior
menyediakan layanan interior dengan penawaran ide ide
kreatif dan esensial untuk menghasilkan ruang desain yang baik dengan
menerapkan keharmonisan cahaya, skema material dan pemilihan furnitur dengan
karya seni.
c.
Landscape
Dengan menyediakan desain landscape dengan analisis situs, serta detail untuk sirkulasi,
parkir, vegetasi, soft-scape dan hardscape.
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
4.1
Rencana
Anggaran Biaya
Biaya yang diperlukan dalam mendirikan
usaha ini adalah sebesarRp38.170.000 (Tiga puluh
delapan
juta satu ratus tujuh puluh riburupiah) dengan rincian sebagai berikut :
Modal Awal :
Sewa kantor/tahun : Rp 20.000.000
2 Unit Perangkat komputer : Rp. 15.000.000
1 unit printer : Rp. 600.000
Pemasangan speedy : Rp. 170.000
2 unit meja komputer dan kursi : Rp. 1.000.000
Program Software Desain Interior : Rp 1.000.000
buku tentang desain interior : Rp 400.000
Jumlah : Rp.
38.170.000
Biaya Operasional Perbulan :
Perlengkapan (Atk, Kuwitansi,dll) : Rp.800.000
Biaya promosi(kartu nama,
brosur,dll) : Rp.
1.000.000
Gaji 3 Karyawan X Rp. 4.000.000 : Rp. 12. 000.000
Biaya Listrik dan telpon : Rp.
2.000.000
Biaya takterduga : Rp.
2.000.000
Jumlah : Rp.
17.800.000
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Berdirinya berbagai lapangan usaha
dikarenakan adanya kebutuhan masyarakat
dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha, terlebih usaha
dalam bidang teknologi yang semakin maju karena sangat terbuka lebar bagi
siapa saja yang akan mencobanya. Hal itu juga yang mengispirasi kami
untuk membangun usaha yang kami beri nama
Kedififa Architects. Yang bertujuan untuk membantu membuat inspirasi dalam
merancang bangunan terbaik yang ingin didirikan. Serta dengan
inovasi baru dapat
menambah besarnya keuntungan yang akan diperoleh dan memberikan jaminan bahwa
usaha ini akan dapat berkembang dengan cepat.
5.2
Saran
Agar
pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, kami mempunyai beberapa saran, antara lain:
1. Percaya
dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
2. Aktif
dalam berkomunikasi.
3. Mempunyai
etos kerja yang tinggi.
4. Mau
mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
5. Tidak
mudah putus asa.
6. Mampu
menghasilkan produk yang berkualitas
7. Mengutamakan
kepuasan pelanggan.
8. Disiplin,
bertanggung jawab, kreatif dan inovatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar