Selasa, 15 Oktober 2019

TUGAS PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA


Nama Kelompok :
Diah Kusumaningrum
Farhah Rizkiyah
Fitri Aryanti
Keke Fitri Permata Sari
Muhammad Fadil
Kelas : 4IA22
Pengantar Bisnis Informatika

Shopee


Shopee merupakan salah satu perusahan e-commerce yang bergerak di bisnis informatika. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi mobile untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan belanja online tanpa harus membuka website melalui perangkat komputer. Sasaran pengguna Shopee adalah kalangan muda yang saat ini terbiasa melakukan kegiatan dengan bantuan ponsel termasuk kegiatan berbelanja.
Shopee merupakan perusahaan e-commerce yang berada di bawah naungan Garena (berubah nama menjadi SEA Group), perusahaan internet di Asia Tenggara. Menjalankan bisnis C2C mobile marketplace, Shopee resmi diperkenalkan di Singapura pada tahun 2015 yang diikuti dengan negara Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Untuk di Indonesia sendiri Shopee resmi diperkenalkan pada Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia.
Mengusung visi "Menjadi C2C Mobile Marketplace Nomor 1 di Asia Tenggara", Shopee yang berada di bawah naungan CEO, Chris Feng, pria lulusan terbaik dari Universitas Nasional Singapura yang memungkinkan para penggunanya membeli atau menjual barang melalui aplikasi yang tersedia di platform iOS dan Android.

Informasi Spesifikasi yang ditawarkan Shopee
Shopee menawarkan berbagai macam produk-produk mulai dari produk fashion sampai dengan produk untuk kebutuhan sehari – hari. Contohnya seperti Pakaian wanita dan pria, Make-up, alat elektronik, otomotif, perlengkapan rumah, dan masih banyak lagi. Barang yang diperjual-belikan pun berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan berasal dari Luar Negeri.
Shopee juga menawarkan program Gratis Ongkir atau gratis ongkos kirim dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kemudian juga terdapat program flash sale dimana barang-barang dijual dengan diskon besar-besaran dengan jangka waktu yang sudah dijadwalkan oleh Shopee. Shopee juga menyediakan fitur live chat yang memudahkan para penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi dengan mudah dan cepat.

Luas Lingkup Shopee
Shopee memiliki luas lingkup yang cukup besar di Asia Tenggara yang meliputi (Indonesia, Flipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam) dan Taiwan. Namun di Indonesia sendiri kontribusi terhadap penjualannya mencapai 40 persen. Shopee tumbuh pesat di tingkat regional dengan nilai transaksi lebih dari USD 3 miliar. Tingkat pengunduhan aplikasi juga cukup besar, yaitu 50 juta unduhan. Di Indonesia, Shopee diunduh 18 juta kali dengan lebih dari 60 juta pengguna aktif dan 750.000 penjual.
Total di tujuh negara, ada lebih dari 3 juta penjual. Cakupan wilayah shopee sangatlah luas karena bekerjasama dengan jasa logistic di Indonesia. Shopee Indonesia berkerjasama dengan beberapa jasa logistik di Indonesia, seperti JNE, J&T ExpressGO-JEK (Go-Send), dan Pos Indonesia untuk membantu proses pengiriman barang.

Besar Omset Perusahaan Shopee
Platform e-commerce  Shopee mencatatkan total transaksi (gross merchandise value/GMV) senilai US$ 4,1 miliar atau sekitar Rp 59 triliun sepanjang tahun lalu. Angka itu naik tiga kali lipat dibanding 2016. Dari segi volume, Shopee melayani 244 juta pesanan sepanjang 2017, atau naik lebih dari tiga kali lipat dibanding 2016. Sebanyak 40% di antaranya merupakan transaksi yang terjadi di Indonesia. Selain itu, Shopee juga melayani transaksi di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Taiwan.
Menurutnya, Shopee berhasil menunjukan pertumbuhan bisnis kala belanja pemasaran menurun. Persentarse belanja pemasaran terhadap gross merchandise value perusahaan turun menjadi 8,3% sepanjang 2017, lebih rendah dibanding 2016 sebesar 11%.
Dalam laporan keuangan perusahaan induknya, Sea Ltd., perusahaan e-commerce yang berbasis di Singapura itu mencatatkan pendapatan senilai US$ 9,03 juta dan pendapatan berbasis komisi senilai US$ 8,68 juta sepanjang tahun lalu. Sea Ltd. merupakan induk usaha Shopee yang berkedudukan di SIingapura. Perusahaan itu memiliki tiga lini bisnis yang bergerak di sektor hiburan digital, e-commerce, dan layanan keuangan digital. Ketiga anak usaha itu merupakan Garena, Shopee, dan AirPay.
Secara konsolidasi, Sea Ltd. mencatatkan pendapatan senilai US$ 164,5 juta pada kuartal keempat 2017 atau tumbuh 73% dibandingkan tahun sebelumnya. Sepanjang tahun lalu, perusahaan itu secara konsolidasi memperoleh pendapatan senilai US$ 553,6 juta, atau tumbuh 59% yoy. Meski demikian, Sea Ltd. masih mencatatkan nett loss senilai US$ 532,53 juta sepanjang tahun lalu.
Menurut survei iPrice, Shopee masuk dalam lima besar e-commerce di Indonesia dari segi trafik. Posisi Shopee ada di bawah Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Namun, Shopee merupakan aplikasi belanja online yang paling banyak diunduh pada tahun lalu. Lebih rinci, di kuartal 1 2017, terdapat sekitar 270 karyawan Shopee yang terdaftar di LinkedIn. Namun di kuartal 4 2017 karyawan Shopee bertambah sekitar 945 orang.
Informasi Lain tentang Shopee
Chris Feng menjadi Tokoh penting dibalik berdirinya Shopee, yang saat ini juga menjabat sebagai CEO Shopee. Chris Feng merupakan lulusan terbaik dari Universitas Singapura selain itu dia adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada.
Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Shopee berdiri dibawah naungan SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee bermitra dengan lebih dari 70 penyedia layanan kurir di seluruh pasarnya untuk menyediakan dukungan logistik bagi penggunanya. Shopee berkolaborasi dengan berbagai jasa logistik lokal, serta penyedia jasa transportasi daring.
Kantor utama shopee berpusat di Singapura, melakukan ekspansi ke negara ASEAN lain dan membuka Shopee Indonesia, Shopee Malaysia, Shopee Thailand, Shopee Taiwan, Shopee Vietnam dan Shopee Filipina. Untuk Shopee Indonesia dimulai pada bulan Desember tahun 2015 yang berkantor pusat di Wisma 77 Tower 2 lantai 11, Jl. Letjen. S. Parman Kav. 77 Slipi, palmerah. Jakarta Barat, 11410.
Shopee juga sudah memiliki prestasi dan menerima banyak penghargaan, yaitu :
·         Netizen Brand Choice Award
Shopee menerima "The Indonesian Netizen Brand Choice Award 2017" untuk kategori Belanja Online pada Maret 2017. Penghargaan ini merupakan bagian dari komitmen media Warta Ekonomi untuk mengapresiasi perusahaan dan brand di seluruh negeri yang telah menunjukkan dampak positif signifikan pada platform digital, khususnya di Media Sosial.
·         Marketing Award
Shopee menerima penghargaan sebagai salah satu pemenang “The Best in Marketing Campaign” di ajang penghargaan bergengsi Marketing Award 2017 yang dipersembahkan oleh Majalah Marketing pada September 2017 lalu. Terpilihnya Shopee merupakan pengakuan atas suksesnya kampanye pemasaran yang terpusat pada pengguna pada tahun sebelumnya, seperti Mobile Shopping Day 2016 dan Kampanye Ulang Tahun “Paling Murah” yang memberikan kontribusi signifikan terhadap performa bisnis Shopee dan industri perdagangan elektronik secara umum.
·         Bright Award Indonesia 2017
Shopee menerima penghargaan di ajang “Bright Awards Indonesia 2017” untuk kategori Iklan Paling Berkesan (The Brightest Ad) mengungguli 6 nominator lainnya. Terpilihnya Shopee merupakan hasil pengakuan dari pemungutan suara masyarakat Indonesia atas suksesnya iklan Shopee yang bertajuk “Parodi Jokowi”. Iklan ini mengusung tema kedekatan lokal Presiden Joko Widodo, yang sering memberikan sepeda untuk masyarakat Indonesia.











Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar