Jumat, 21 Juli 2017

Pengaruh Teknologi Terhadap Minat Baca di Kalangan Remaja

                                                  DAFTAR ISI
Bab I Pendahuluan…………………………………………………………….. 2
1.1  Latar Belakang…………………………………………………….  2
1.2  Rumusan Masalah…………………………………………………. 2
1.3  Tujuan……………………………………………………………... 2     
Bab II Pembahasan………………………………………………………......... 3-4
            2.1 Pentingnya membaca.....................……………………................... 3
            2.2 Perubahan minat membaca yang semakin merendah……………... 3
            2.3 Faktor penyebab rendahnya minat mebaca di kalangan remaja ...... 3
            2.4 Dampak yang timbul akibat rendahnya minat membaca.................. 4
            2.5 Strategi Meningkatkan minat Membaca........................................... 4
            2.6 Studi kasus........................................................................................ 4
Bab III Kesimpulan dan Saran……………………………………….………... 5
            3.1 Kesimpulan……………………………………………………….... 5
            3.2 Saran……………………………………………………….……..... 5
Daftar Pusaka………………………………………………………….…...…..  6










BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Membaca adalah suatu cara mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis untuk menambah pengetahuan, sehingga kemampuan manusia akan semakin terasah dan berkembang. Seperti kita ketahui membaca merupakan aktivitas yang tidak asing bagi masyarakat. Bahkan kegiatan membaca sudah diperkenalkan sejak usia dini.
Remaja sebagi penurus bangsa, yang di harapkan dapat mepersiapkan diri untuk menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan termasuk permasalahan sosial baik yang terjadi dimasa yang akan datang khususnya dalam memasuki era globalisai.

Tidak jarang realita harus kontra dengan harapan yang telah di rumuskan. Kegiatan membaca yang terlihat mudah, ternyata tidak semua orang merasa nyaman dengan kegiatan tersebut khususnya pada kalangan generasi muda. Di era globalisai perkembangan teknologi begitu pesat dimana semudah dapat dilakukan dengan mudah melalui teknologi. Namun di jaman sekarang remaja telah terlena akan teknologi yang serba canggih tersebut. Tidak banyak remaja sekarang yang memanfaatkan teknologi dengan baik seperti menambah wawasan dengan membaca pengetahuan yang ada di internet. Dan sebagian remaja banyak lebih memilih main game,sosial media dan menonton tv.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa sajakah faktor penyebab rendahnya minat baca di kalangan generasi muda?
2.      Apakah dampak dari rendahnya minat baca di kalangan generasi muda?
3.      Bagaimana cara meningkatkan minat baca dikalangan generasi muda?

1.3  Tujuan
1.     mengidentifikasi faktor penyebab yang menimbulkan rendahnya minat baca yang ada di kalangan generasi muda
2.     Mengidentifikasi dampak yang timbul akibat rendahnya minat baca di kalangan generasi muda.
3.     Mengidentifikasi strategi yang dapat meningkatkan minat baca di kalangan generasi muda.




                                                 BAB II
                                          PEMBAHASAN
2.1 Pentingnya membaca
       Membaca adalah suatu aktivitas yang tidak asing bagi masyarakat. Dimana kegiatan yang menggali informasi dari tulisan. Membaca sangat bermanfaat bagi kita, untuk menambah pengetahuan sehingga membuat wawasan kita menjadi luas. Dengan mebaca kita dapat mengetahui berbagai pengetahuan, tanpa harus melihatnya secara langsung.
2.2 perubahan minat membaca yang semakin berkurang di kalangan remaja
     Remaja adalah masa dimana kita beradaptasi dimana pertumbuhan anak kecil menjadi dewasa. pada remaja jaman 90an berbeda dengan remaja jaman sekarang. Bisa kita liahat dari kurangnya minat membaca dikalangan remaja jaman sekarang. kebanyakan remaja jaman dulu mengisi waktu kosongnya dengan membaca buku. Berbeda dengan kebanyakan remaja sekarang yang cendrung mengisi waktu kosongnya dengan bermain gadget daripada membaca buku. Itu terbukti karena semakin sepinya perpustakaan. Tapi tidak semua remaja sekarang seperti itu ada juga sebagian remaja yang masih berminat membaca buku.
2.3 Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Di kalangan Remaja
   Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya minat membaca dikalangan remaja antara lain:
1.      Teknologi yang semakin canggih
Di era globalisasi sekarang ini perkembangan teknologi semakin canggih khususnya pada bidang teknologi informasi. Tetapi tidak diimbangi dengan pengendalian yang baik. Kurang bisa memanfaatkan teknologi dengan baik. Sehingga generasi muda terlena akan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Tanpa kita sadari kita terlelap dalam kemanjaan tersebut hingga menyita waktu dan tidak memiliki waktu untuk menyembatkan diri membaca buku.
2.      Lingkungan
Dimana pengaruh sekitar juga berdampak bagi remaja. Karena kerapkali remaja mengikuti gaya pola di lingkungan sekitar mereka. Dukungan atau motivasi yang diberikan kepasa sekitar dalam membaca buku kurang.
3.      Kurangnya Kesadaran diri dalam minat membaca
Rendahnya minat membaca karena kurangnya kesadaran pada diri sendiri. Sehingga kita tidak menanamkan kesadaran akan pentingnya manfaat membaca.
2.4 Dampak Rendahnya Minat Membaca
Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca dikalangan generasi muda, akan membawa dampak yang merugikan. Adapun dampak yang ditimbulkan dari rendahnya minat baca antara lain :
1.      Generasi muda menjadi miskin akan wawasan, karena tidak adanya kefahaman dan wawasan yang cukup terhadap ilmu pengetahuan. Remaja cenderung kurang peduli terhadap apa yang terjadi disekitarnya dan memilih menutup diri mementingkan trend yang sedang hangat.
2.       Generasi muda akan mudah dipengaruhi oleh pemahaman-pemahaman yang negatif. Karena keterbatasan ilmu pengetahuan.
3.      Tidak mengetahui informasi terbaru sehingga sulit untuk memajukan diri sendiri maupun lingkungan.
4.      Bangsa indonesia kehilangan aset terpenting yaitu para pemuda. Karena para pemuda tidak menumbuhkan minat dalam membaca.
2.5 Strategi Meningkatkan Minat Membaca
      1. Membudayakan cinta baca mulai dari keluarga, dengan menumbuhkan minat baca sejak dini kepada anak-anak seperti melalui buku cerita atau buku gambar serta membawanya berkunjung ke pusat-pusat buku,perpustkaan dan lain-lain.
      2. Menyediaan program wajib baca dalam keluarga maupun lingkungan sekloah.
      3.  Mengontrol penggunaan media elektronik(tv, game, internet) melalui peran orang tua dan guru, dimana orang tua dan guru bekerja sama dengan memberikan pemahaman terhadap anak dengan memberitahukan media elektronik tidak terkontrol dapat menyebabkan hilangnya waktu beajar.
2.6 Studi Kasus
  Di kalangan remaja saat ini, minat membaca sangat lah minim apalagi dengan kemajuan teknologi. Sebagian remaja cendrung lebih dimanfaatkan dengan menonton televisi, bermain game atau sosial media. Beberapa alasan menjadi faktor minimnya minat baca seperti dorongan dari orang tua dan kesadaran bagi setiap individu.




                                                             




                                                                  BAB III
PENUTUP
3.1   Kesimpulan
  Membaca adalah suatu cara mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis untuk menambah pengetahuan, sehingga kemampuan manusia akan semakin terasah dan berkembang. Bahkan kegiatan membaca sudah diperkenalkan sejak usia dini. Tidak jarang realita harus kontra dengan harapan yang telah di rumuskan. Kegiatan membaca yang terlihat mudah, ternyata tidak semua orang merasa nyaman dengan kegiatan tersebut khususnya pada kalangan generasi muda. Di era globalisai perkembangan teknologi begitu pesat dimana semudah dapat dilakukan dengan mudah melalui teknologi. Namun di jaman sekarang remaja telah terlena akan teknologi yang serba canggih tersebut. Tidak banyak remaja sekarang yang memanfaatkan teknologi dengan baik seperti menambah wawasan dengan membaca pengetahuan yang ada di internet. Dan sebagian remaja banyak lebih memilih main game,sosial media dan menonton tv.

3.2   Saran
 Jadilah generasi muda yang membanggakan bangsa indonesia. Budayakan lah belajar membaca sejak dini untuk menanam minat baca yang tinggi agar menambah pengetahuan dan wawasan yang luas. Peranan orang tua sangat penting bagi remaja. Tingkatkanlah kesadaran terhadap diri sendiri dalam membaca.












Daftar Pustaka

boghaniah.blogspot.co.id/2015/06/studi-kasus-minat-baca.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar